Beberapa waktu lalu aku berkesempatan hadir dalam acara Blogger Gathering With Dissy. Ya, Dissy adalah salah satu brand kosmetik lokal yang dibangun oleh pasangan artis Ussy Suistyowati dan Andhika Pratama. Bisnis kosmetik mereka pertama kali dimulai pada tahun 2014.
Dissy Blogger Gathering |
Acara yang digelar di Star Avenue Lippo Mall Kemang, Ussy dan Andika berbagi banyak banget tips dan cerita tentang bisnis kosmetik yang sedang mereka tekuni. Mulai dari awal dimulainya nama Dissy dan bagaimana bersaing dengan produk yang lebih premium. Bahkan Ussy dan Andhika memutuskan untuk terjun sendiri memilih bahan baku dan strategi pemasaran.
Andika bercerita bagaimana bisnis Dissy dimulai |
Keinginan mereka berdua untuk ambil andil dalam bisnis ini sangat kuat, sehingga boleh dibilang pasangan ini sangatlak kompak. Kalau dilihat dari cara menyampaikan cerita dan tips-nya, Andhika adalah otak pemasaran dan Ussy adalah perempuan yang tau kosmetik. Ya, pasangan yang tepat! Ini nih tips sukses membangun bisnis kosmetik Dissy ala Andhika dan Ussy Sulistyowati:
1. Menjadi Otak dari Bisnis Tersebut
Desain dan Logo Dissy Cosmetics |
2. Masuk ke dalam Pasar
3. Strategi Pemasaran yang Jelas
Jujur saja waktu itu aju melongo pas Andhika menjelaskan strategi marketing yang dia pakai untuk memasarkan produk Dissy. Tapi, dari semuanya dia menjelaskan bahwa Dissy tidak hanya mendompleng dari ketenaran Ussy dan Andhika. Dissy didistribusikan ke toko-toko di pasar tradisional karena sesuai dengan target market. Untuk pembukaan store resmi di mall, Ussy mengaku tidak banyak. Ussy lebih suka membangun hubungan dengan reseller Dissy. Jadi, per-kota Dissy punya reseller dan setiap beberapa bulan sekali Ussy mengajak para reseller untuk bertemu dan membicarakan tentang perkembangan bisnisnya.
4. Jangan Berhenti Berinovasi
Produk Lipstik dari Dissy Cosmetics |
Selain mengajak meetup reseller, Ussy mengaku suka ikut suaminya yang sedang tour ke luar kota agar bisa bertemu dengan konsumen Dissy di kota tersebut. Ussy juga tidak keberatan masuk kedalam toko di pasar tradisional atau di bazar Car Free Day agar bisa menyapa konsumen dan juga resellernya. Dari sinilah tercipta kedekatan dengan konsumen dan akan timbul loyalitas.
Membangun bisnis memang tidak semudah yang dibayangkan, tapi jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan keikhlasan, maka semua masalah pasti ada jalannya. Begitu juga dengan bisnis kosmetik Dissy yang beberapa kali ditolak oleh pasar karena masalah packaging.
Kalau kamu penasaran dengan produk Dissy, kamu bisa kepoin di instagram @AndhiiikaPratama dan @UssyPratama atau @ownerdissydhikaussy buat info lengkap tetang jenis produk dan bisa didapat di mana aja. Penasaran sama liquid lipsticknya nih!
branded kosmetik di soulskin cosmetics indonesia
ReplyDelete